Peresmian Markaz An-Nur Tasikmalaya

11 Januari 2016, Markaz An-Nur di Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat diresmikan Selengkapnya »

Markaz Pembinaan Yatim

Selengkapnya »

Youth Leadership Camp

Selengkapnya »

Student Development Program

Selengkapnya »

Tebar Qurban

Selengkapnya »

Berbagi Buka Puasa Ramadhan

Selengkapnya »

 

Kajian Manhaj Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah

kajian 3 (3)Pada pekan ke-3 setiap bulannya, World Assembly of Muslim Youth (WAMY) menggelar kajian yang membahas seputar gerakan keagamaan dan pemikiran. Kajian ini bisa dikatakan seperti bedah buku, karena menghadirkan langsung narasumber utamanya, penerjemah buku yang berjudul “Gerakan Keagamaan dan Pemikiran” yaitu Ustadz KH. Ahmad Najiyulloh, Lc.

Sabtu, 21 Februari 2015 merupakan kajian edisi ke-3 yang masih melanjutkan pembahasan tentang Manhaj Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Ustadz Naji mengatakan  bahwa topik ini cukup panjang, terlalu terburu-buru jika diselesaikan pembahasannya dalam satu pertemuan saja.

Mempelajari aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah itu penting, karena ia pondasi sebelum mempelajari berbagai aliran dan pemikiran. Jika tidak, maka seseorang tidak akan mendapatkan keimanan.. melainkan malah kebingungan”, ujar Ustadz Naji. Dalam mendalami gerakan-gerakan dan pemikiran Islam, kita harus mempunyai pondasi yang kuat terlebih dahulu, kemudian ditunjang dengan tsaqofah (wawasan) yang memadai.kajian 3 (4)

Peserta yang hadir pada kajian kali ini membludak, tidak kurang dari 300 orang dari kalangan mahasiswa dan akademisi. Akibat keterbatasan kapasitas ruangan dan jumlah kursi, akhirnya beberapa panitia bahkan peserta rela berdiri di barisan belakang demi menyimak kajian ini. Mereka juga tidak hanya berasal dari selatan Jakarta, tapi juga mencakup Jabodetabek.

أهل السنة والجماعة  هم الفرقة الناجية، والطائفة المنصورة وكما أن لهم منهجًا  اعتقاديًّا فإن لهم أيضًا منهجهم وطريقهم الشامل الذي ينتظم فيه كل أمر يحتاجه كل مسلم لأن منهجهم هو الإسلام الشامل الذي شرعه النبي  صلى الله عليه وسلم. وهم على تفاوت فيما بينهم، لهم خصائص وسمات تميزهم عن غيرهم.

“Ahlus Sunnah Wal Jama’ah adalah golongan yang selamat (firqatun najiyah) dan yang mendapat pertolongan (thaifah manshurah). Selain memiliki manhaj dalam aqidah, mereka juga memiliki methoda yang komprehensif yang mengatur segala perkara yang dibutuhkan oleh setiap Muslim, karena manhaj mereka adalah al-Islam yang sempurna yang telah disyari’atkan Nabi Muhammad SAW. Mereka memiliki tingkatan yang berbeda-beda, mereka memiliki karakteristik dan watak yang dapat dibedakan dari selain mereka”, jelas Ustadz Naji.

Hingga akhir kajian dan dilanjutkan diskusi serta tanya jawab, pembahasan tentang Ahlus Sunnah Wal Jama’ah ini nampaknya masih akan berlanjut pada pertemuan berikutnya. Semoga Allah mudahkan kita dalam menyelami ilmu agama Islam ini, sehingga kelak menjadi manfaat bagi umat serta menyelamatkan kita dari kelamnya kejahilan. [amr]

اللهم انفعنا بما علمتنا وعلمنا ما ينفعنا

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *