Peresmian Markaz An-Nur Tasikmalaya

11 Januari 2016, Markaz An-Nur di Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat diresmikan Selengkapnya »

Markaz Pembinaan Yatim

Selengkapnya »

Youth Leadership Camp

Selengkapnya »

Student Development Program

Selengkapnya »

Tebar Qurban

Selengkapnya »

Berbagi Buka Puasa Ramadhan

Selengkapnya »

 

Training Akuntansi & Keuangan Versi UMKM

umkmOPICK CONSULTING bekerjasama dengan WAMY Indonesia, menghadirkan Training Akuntansi dan Keuangan Versi UMKM Batch 1 dengan tema "Teknik Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana untuk UMKM" pada hari Ahad 1 Juni 2014 di Aula WAMY Training Center – Jagakarsa.

Training tersebut menghadirkan sejumlah narasumber, diantaranya ; Iwan Kurniawan, Lc, Taufik Hidayat, SEI, dan M. Irfan Rianto, SE, M.Ak, MM.

Acara ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI (STEI SEBI), staff Akuntansi & Keuangan dari beberapa Perusahaan, Lembaga Sosial, dan para pelaku usaha di bidang UMKM.

Acara ini didukung pula oleh PT. UTHB Consulting, CV. Cendikia Mitra Mandiri, Kantor Konsultan Pajak Asmledi Firman, Berkah Sharia Fund, STEI SEBI, dan Universitas Islam As-Syafi'iyah Jakarta.

Menurut Taufik Hidayat, SEI. selaku CEO of Opick Consulting, pengelolaan keuangan masih menjadi salah satu persoalan utama yang dihadapi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Persoalan pembukuan keuangan menjadi salah satu kendala berkembangnya usaha mikro, dan kecil. Oleh karena itu perlu adanya pendampingan secara berkala agar para pelaku usaha mengerti tentang pengelolaan keuangan secara baik dan benar. Sehingga, menurut Taufik, ini menjadi tantangan para profesional di bidang keuangan, dan para mahasiswa jurusan akuntansi untuk terlibat dalam program pendampingan pengelolaan keuangan untuk UMKM.

Copy of IMG_2744Taufik mengatakan, "Perlu adanya sebuah lembaga yang menjadi intermediasi dalam menjalakan program tersebut. Opick Consulting menghadirkan program Community-Based Consutant Institution yaitu Program yang bertujuan menjaring para trainer dan tenaga ahli dalam bidang Keuangan dan manajemen, menjaring komunitas dari kalangan pelajar mahasiswa dan umum, dan menjaring komunitas para pelaku usaha di bidang UMKM. Dari tiga komunitas tersebut akan terjadi sebuah transfer atau siklus ilmu, dimana para trainer dan tenaga ahli akan memberikan training ke para pelaku usaha UMKM dan para mahasiswa. Selanjutnya peran mahasiswa akan menjadi Tim Manajemen Opick Consulting mereka akan membantu program-program lanjutan secara berkala dan membantu mendampingi para pelaku UMKM dalam pengelolaan keuangan usahanya. Sehingga diharapkan dari program ini para pelaku UMKM akan mengerti dan memahami pentingnya mengelola keuangan dalam usaha. Program ini diharapkan akan berkelanjutan dan membuka jaringan serta relasi dari lembaga yang mau bekerjasama."

Copy of IMG_2832Sedangkan M. Irfan Rianto, SE, M.Ak, MM, selaku Pembicara dalam acara ini yang juga Trainer & Tenaga Ahli di Opick Consulting menegaskan kepada para peserta Training untuk membiasakan dari sekarang memisahkan uang pribadi dan uang usaha, agar dapat mengetahui perkembangan usahanya. Karena dalam memahami metode pencatatan keuangan, langkah awalnya adalah mengerti siklus akuntansi. Jika para pelaku usaha UMKM mengerti mana yang termasuk pos pendapatan, pos pengeluaran, pos asset, pos utang usaha, maka para pelaku usaha akan mudah membuat laporan keuangan sederhan versi UMKM.

Dalam sambutannya sebagai Direktur Training Center WAMY Indonesia, Iwan Kurniawan, Lc menyatakan bahwa acara Training ini dibutuhkan oleh pelaku UMKM, sehingga perlu adanya program lanjutan dan pendampingan secara berkala, semoga tetap bisa bersinergi dan bekerjasama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *